Jumat, 22 April 2016

Tutorial Screenshot Full Web

Jadi kemarin itu Saya bingung gimana caranya kalau mau bikin rekaman dari layar komputer. Karena footage ini diperlukan untuk bahan editing webseries para beauty blogger. Saya masih pakai laptop versi windows 7 starter. Hehehe jadul banget ya... Setelah Saya cari tahu gimana sih bikin rekaman layar gitu? Ternyata bisa pakai VLC dan dilaptop juga sudah ter-instal. Tapi sayang sekali, hasilnya malah ga smooth dan agak pecah, ga sebagus kalau ngerekam dengan Quicktime Player di Mac. Saya kurang paham apa ini karena processor laptopnya yang belum bisa ngerjain file multimedia atau emang ada trick yang Saya ga tahu. Setelah Saya coba dan gagal, Saya coba install aplikasi lain dan.... Aplikasinya ga bisa jalan dilaptop Saya. Sementara itu data-data foto harus dikirim secepatnya. Tiba-tiba muncul pemikiran kenapa ga screenshot full web? Kan nanti bisa dikasih effect scrolling pake Final Cut Pro pas dimeja editing. Kalau sekedar screencap biasa sih pakai tombol printscr lalu paste ke program paint juga bisa. Saya browsing lagi cara untuk full web screenshot. Oh, ternyata bisa online, salah satunya di web-capture.net. Jadi tinggal copy saja link web yang mau kamu screenshot, lalu download hasilnya. Gampang sih... Tapi hasilnya masih kurang sempurna walau sudah pakai format PNG (lebih bagus dari jpg). Masa Saya mau kasih footage jelek ke editor? Nanti kalau hasil editannya ga bagus Saya juga yang salah. Saya terus coba cari alternatif lainnya. Lalu ketemulah cara yang sangat amat gampang dan memuaskan. Yaitu dengan memakai aplikasi Screengrab yang tersedia di Adds-on Firefox (kebetulan browser Saya firefox). Ini cara membuka menu Adds-on di browser




Setelah itu cari Screengrab lalu install. Ga perlu tunggu lama, Screengrab sudah terpasang di browser kamu dan otomatis juga terinstall di komputer kamu.




Nah kamu buka website yang mau discreenshot, lalu klik Screengrab dan pilih fullpage. Hasilnya akan tersimpan otomatis di komputer dengan format PNG dan terlihat seperti ini


Foto blognya Alodita

Memang kecil, tapi jangan khawatir, kita bisa zoom in image nya dan hasilnya ga pecah! Yay! 🙌. Ibaratnya kayak syuting pakai format 4k, trus pas di edit bisa di zoom in tanpa harus gambarnya kelihatan pecah. Ini contohnya


Dari blognya Alodita

Saya juga baru baca. Ternyata ada cara lain untuk screenshot full web dengan Inspect Element. Tutorialnya bisa dibaca  disini . Namun karena belum pernah coba, Saya belum tahu apakah hasilnya bisa sebagus Screengrab.

Semoga membantu ya infonya. Doakan supaya Saya bisa cepat ganti laptop dengan Macbook 😸.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar