Kamis, 21 Juli 2016

Trend Design Digital



Ini adalah tulisan sambungan untuk post sebelumnya. Saya suka bereksperimen dengan berbagai macam design style untuk presentasi. Dan untuk tulisan kali ini adalah hasil pengamatan Saya karena rajin (sering :P) browsing berbagai macam web. Jadi bukan hanya urusan fashion, make up dan hairstyle saja yang punya trend. Design juga ada trendnya. Dan munculnya trend baru dalam design tergolong cepat. Baru bisa bikin design sesuai trend sebelumnya, ga lama kemudian muncul lagi trend baru. Tapi dalam design munculnya trend baru ga akan langsung menghilangkan trend lama. Berbagai macam trend itu dijadikan optional saja. Memang di era digital ini perubahan cepat sekali. Dan kita dipacu untuk semakin kreatif.

Apa saja trend design era digital? Berikut beberapa pengamatan Saya:

1. High Resolution Image
Foto sebagai background dalam visual storytelling masih belum tergantikan. Karena ini design yang paling classic dan everlasting. Trend ini dianggap sebagai pioneer creative design presentation. Dan ini style design yang paling mudah dan cepat. Jika kita tidak mahir motret, ada banyak web penyedia gambar hi-res yang gratis seperti Pexels. Kita hanya perlu bermain dengan font dan pengaturan warna.



 2. Solid Color Background
Design ini juga simple. Jika ingin audience lebih fokus dengan kata atau kalimat, ini design yang paling tepat. Solid color background juga cocok untuk membuat design infografis. Biasanya solid color design dipasangkan dengan flat design. Flat design ini hanya bisa dibuat oleh design graphic profesional, bukan yang amatiran seperti Saya. Hehe. Sempat juga color background ini dimodifikasi dengan dibuat gradient. Tapi sepertinya tidak bertahan terlalu lama. Dibawah ini adalah trend warna yang biasa digunakan untuk design digital. Saya sertakan pula contoh Flat design dan color gradient design.

Pantone color dari longdistanceloving.net , Flat design dari shutterstock, Gradient color koleksi pribadi.

3.  Watercolor
Ini adalah salah satu trend yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Saya membuat design watercolor karena terinspirasi dari layout design beberapa beauty dan lifestyle blogger. Trend ini masih booming mungkin karena sekarang juga sedang musim belajar membuat sketch atau watercolor. Sebenarnya watercolor style memang mirip dengan handwriting style. Ini adalah design favorite Saya karena terlihat lembut dan girlie. Watercolor biasanya dipasangkan dengan warna-warna pastel atau gold metalic. Tapi belakangan juga sudah ada yang membuat dengan color gradient.


 4. Longscrolling
Saat ini hampir semua orang mengakses web dari handphone, maka muncul yang namanya User Interface Design (UI). Mungkin dari sini muncul trend membuat longscrolling image. Saya membuat longscrolling image terinspirasi dari Pinterest. Karena cukup banyak artikel-artikel web yang membuat longscrolling image agar bisa di-pin ke Pinterest. Longscrolling design bisa dipakai untuk menjelaskan infrographis yang panjang. Ukuran ideal untuk membuat longscrolling image adalah 1:3,5.

Gambar dari salah satu tulisan di blog Saya. Baca disini


5. Geometric
Ini adalah design terbaru dan diramalkan akan menjadi trend untuk kalangan graphic designer. Saya sendiri belum pernah coba. Kayaknya ini agak susah deh.

Gambar dari twitter Sundace Film Festival.



Digital dan kreatifitas memang tidak bisa dipisahkan. Kira-kira untuk kedepannya, design yang akan booming seperti apa ya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar