Selasa, 02 Agustus 2016

God Is Good



Ga terasa sudah masuk bulan Agustus. Tahun 2016 tersisa 4 bulan lagi. Waktu cepat banget berlalu yaa... Perasaan baru sebulan lalu nulis wishlist. By the way, apa wishlist kalian untuk tahun ini sudah banyak yang terwujud? Atau belum sama sekali? Kalau Saya sendiri.... Masih proses,kok. Hahahahaha!! Padahal wishlist Saya cuma 3. Tapi memang 3 hal besar yang mungkin bisa merubah hidup Saya. Dan yang bisa Saya lakukan saat ini hanya ikhlas dan pasrah. Saya memang bukan orang yang religius. Sholat kadang masih bolong-bolong. Namun Saya ingin berbagi persepsi Saya tentang Tuhan.

Belakangan ini banyak orang yang mengagung-agungkan agama, tapi tindak tanduk dan perkataannya sangat jauh dengan apa yang diajarkan agama. Agama tidak hanya mengajarkan tentang ibadah kepada Tuhan, tapi juga mengajarkan bagaimana seharusnya manusia bersikap. Ada yang rajin sholat atau ibadah ke gereja, tapi sifatnya selalu pesimis. Seakan tidak percaya akan kebesaran Tuhan. Beragama tapi tidak memiliki iman. Sebenarnya, apa sih iman itu? Iman adalah sebuah kata dari bahasa arab yang artinya percaya. Ya, sederhana sekali, iman itu percaya.

Jika bicara soal Tuhan, kebanyakan orang akan fokus bicara soal pahala dan dosa. Apakah kita segitu pamrihnya beribadah tapi mengharapkan pahala? Apakah Tuhan sangat bergantung pada kita, saat kita malas ibadah kita akan berdosa? Ibadah adalah bentuk komunikasi seorang hamba pada Tuhannya. Dan sesungguhnya kita yang butuh Tuhan sehingga kita harus beribadah. Jika kita memiliki rasa "Percaya" yang besar, Tuhan itu selalu ada untuk kita. Tuhan itu Maha Baik. Tapi sayang sekali masih banyak orang yang berpikiran bahwa Tuhan suka menghukum. Sehingga terkadang kita beribadah karena takut dihukum Tuhan, bukan karena keinginan untuk dekat pada Tuhan. Tuhan sudah memberikan kita banyak nikmat, diantaranya kesehatan, pekerjaan, dan kerabat. Jika kita merasa kurang bahagia, mungkin karena kita tidak pandai mensyukuri apa yang sudah kita miliki.

Berdo'a adalah bentuk komunikasi kita kepada Tuhan. Saat berdoa kita mencurahkan segala isi hati, menyampaikan keinginan atau berterima kasih atas segala nikmat. Ada orang yang mengeluh, kenapa do'anya tidak dikabulkan Tuhan? Salah apa? Mungkin saat berdoa dia tidak memiliki keyakinan penuh bahwa Tuhan akan mengabulkan do'anya. Disini kita harus ikhlas dan pasrah menyerahkan urusan pada Tuhan dan biarkan Tuhan bekerja dengan caranya. Tak heran banyak orang yang mendatangi 'orang pintar' atau meminta baca-bacaan tertentu agar keinginannya terkabul. Hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki "Rasa Percaya". Tuhan mengerti bahasa apapun karena Tuhan itu universal. Tuhan itu satu. Berdoa bisa dilakukan oleh siapapun dan kapan pun.

Tuhan itu Maha Baik. Dia akan memenuhi permintaan kita berdasarkan pikiran dan usaha kita. Maka biasakanlah berpikir positif agar hal baik memenuhi diri kita. Manusia diciptakan untuk memberi kebaikan terhadap sesama. Kita tidak bisa menilai kebaikan seseorang hanya dari pakaian atau frekuensi ibadahnya. Karena "Rasa Percaya" kepada Tuhan akan terpancar dari setiap tindakkan dan ucapannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar