Senin, 29 Januari 2018

[Recipe] Detox Drink Golden Turmetic Latte

Detox Drink Golden Tumeric


Seperti biasa, mulai dari hari ulang tahun Saya sampai memasuki tahun baru adalah masa-masa work hard party hard. Setiap weekend ada aja perayaan. Ulang tahun, closing party kantor, gong-nya ya pas malam pergantian tahun. Perayaan tahun baru kemarin berakhir dengan hangover parah. Saya sempat muntah-muntah dari pagi sampai siang. Hari pertama 2018, lemah tak berdaya. Sisa-sisa perayaan Saya berkata dalam hati "I need detox", "Gue ga mau minum lagi", "I hate those smell". Tentu saja kata-kata yang kedua hanya berlaku sementara. Hahahaha! Saya paksakan makan sesuatu, akhirnya makan soto ayam dan es teh manis. Tak lupa minum obat lambung. Sejam kemudian...... Hidupku kembali indah. Hahahaha!!

Saya riset dulu resep minuman detox apa yang paling praktis buat Saya. Awalnya mau nyoba pakai Apple Ciger Vinegar tapi kata Lenty, teman Saya, asamnya nyegrak banget. Agak ngeri kalau lambungnya kurang kuat. Emang dasar netijen, mau detox aja pake pengumuman di twitter. Denny, teman Saya yang juga pembuat musik untuk film, memberikan Saya resep Golden Turmeric Latte ini, dengan bahan utama kunyit. Dia minum ini hampir setiap hari dan merasa badannya jauh lebih segar.

Saya tahu kunyit adalah rempah-rempah dengan khasiat segudang. Bukan hanya untuk melancarkan datang bulan, tapi juga untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi resiko penyakit kanker. Pernah ada riset kenapa orang India jarang kena kanker. Karena hampir semua bumbu masakan mereka mengandung kunyit. Saya juga pernah ketemu nenek-nenek usia 90-an. Kulitnya walau keriput tapi masih terlihat bagus dan badannya masih bugar. Dia bilang karena rajin minum air kunyit. Dan lagi pula Indonesia kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah berjasa dalam pembangunan kerajaan-kerajaan di Eropa pada abad ke-16. Orang-orang Eropa sampai jauh berlayar ke negara kita sampai mereka membuat peta rahasia bernama jalur rempah. (Saya pernah menulis tentang Jalur Rempah disini)

Oke, Saya kasih tahu resep minuman kunyit yang agak sophisticated ini. Demi kepraktisan, Saya memakai bumbu bubuk yang Saya beli di supermarket


Bahan:

1. 1 sendok teh kunyit bubuk
2. Jahe bubuk secukupnya
3. Bubuk cinnamon/kayu manis secukupnya
4. Susu cair (boleh almond milk atau susu lainnya)
5. Optional, gula secukupnya (I can't live without sugar. Please don't judge :P)

Turmeric, ginger, cinnamon

Cara buat:
Panaskan susu cair, setelah agak panas, masukkan semua bahan-bahan. Aduk-aduk sampai mendidih. Jadi deh.

Waktu minum:
Sebelum tidur atau dipagi hari setelah bangun tidur. Atau suka-suka ngana sajalah.

Saya beli bumbu bubuk ini totalnya sekitar Rp 20.000,- . Kalau kalian malas ke supermarket, coba saja beli di Lemonilo
Golden Turmeric Latte ini cara detox yang murah. Ini bisa jadi optional kalau kalian masih #kizmin untuk beli lemon yang harganya lumayan :D

Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar