Sabtu, 13 Juli 2013

Jadi Wirausaha Itu Tidak Mudah

Banyak orang berandai-andai ingin menjadi wirausaha dengan alasan supaya jadi boss. Supaya punya bawahan. Supaya bisa ngantor siang dan pulang cepat. Hemmm... Mimpi kali yeee

Pada kenyataannya menjadi pemimpin itu tidak mudah dan asal kalian tahu, seorang boss itu berpikir berkali-kali lebih keras dari bawahannya. Bawahannya kan kerja tinggal nunggu perintah dari boss. Sedangkan si boss muter otak supaya perusahaannya menghasilkan profit. Supaya bisa gaji karyawan. Supaya bisa memenuhi biaya operasional perusahaan.

Tak terkecuali jadi wirausaha untuk usaha kecil. Dia harus memikirkan gimana caranya supaya usahanya balik modal dan mendapatkan untung. Makanya ga heran kan saat baru memulai usaha, para wirausaha ini belum memiliki karyawan. Dia baru bisa memiliki karyawan jika usahanya berkembang.

Ada kejadian lucu di twitter. Jadi salah satu follower Billy Boen pendiri YOT berkata, "Kalo jadi boss ga perlu kerja lagi, timggal suruh". Tweweweng!!! Mental malas tapi berharap bisa sukses. Wajar jika Billy Boen membalas "Mimpi". Saya pun gatal ingin berkomentar. Lalu Saya ikut menimpali "Kalo ga kerja, gimana supaya perusahaan dapat profit buat gaji karyawan? Miara tuyul"
Billy Boen pun menimpali "Ketus nih kayak Saya". Lalu si cowok aneh itu membalas "Miara tuyul? Saran yang aneh". Lha, situ lebih aneh lagi. Hahahaha!! Koplak!

Ada cerita lagi. Seorang teman SMP ga akrab-akrab amat. Dia sekarang penulis novel dan cerpen. Dia berkomentar tentang kenaikan BBM dan juga kemacetan. Dia menulis "Cara untuk mengurangi kemacetan dan hemat BBM ya jadi wirausaha Ga perlu kerja setiap hari".
Doooh!! Ternyata banyak orang salah persepsi. Saya balas, "Jadi wirausaha itu justru mobilitasnya tinggi. Sehari bisa 3x meetig ditempat yang berbeda". Dia tidak mau kalah, "Tapi kan meetingnya ga setiap hari".
Duuh.. Sarjana kok kadang2 oon juga sih nih. Ketahuan kurang bergaul :D.
"Emang sih ga setiap hari, ya seminggu 5 hari lah"

Hahahahaha!! Mimpi kali yee jadi wirausaha bisa leyeh-leyeh, ngendon dirumah. Saya aja kalo lagi ada project meeting bisa 2 tempat sehari, kalo ga meeting gimana bisa dapet project, Mbak Mbro.

Ya gitu lah. Jadi wirausaha itu ga hanya butuh kepintaran. Tapi juga modal kecerdasan emotional, pengetahuan, ketekunan dan passion

So, never to say being an entrepreneur is easy. Semoga kita semua bisa sukses mengapai mimpi dengan cara yang realistis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar