Sabtu, 13 Februari 2016

Kenapa Pengguna Aktif Twitter Menurun?



Sejak tahun 2014, Saya sudah menyadari sepertinya Facebook saat ini lebih rame ketimbang Twitter. Terlihat dari interaksi beberapa teman yang kini lebih aktif komen dan posting di Facebook. Facebook sempat ditinggalkan saat Twitter booming disekitar tahun 2009-2012. Beberapa waktu yang lalu, Mas Seseq @sheque memberikan data bahwa pengguna Facebook sekitar 70%. Jika sudah bicara data, maka kita melihat fakta. 


Kenapa twitter ditinggalkan dan orang beralih ke Facebook? Ada beberapa alasan, diantaranya:


1. Tidak semua orang bisa main Twitter

Ya, tak mudah membuat sebuah posting yang menarik di twitter. Membuat posting di Twitter bagaikan menulis sebuah headline di surat kabar. Posting yang menarik akan membentuk interaksi. Hal ini bisa dilihat dari jumlah followers. Maka muncul lah yang disebut Selebtweet


Di Facebook, apapun yang kita post dan siapapun kita, berpotensi untuk minimal dapat jempol. Kita bisa lihat disitu ada interaksi. Interaksi inilah yang membentuk semacam adiksi bagi pembuat posting. Interface Facebook memang lebih ramah untuk semua golongan.


2. Saat ini orang lebih suka melihat gambar daripada text

Di Facebook, kita bisa melihat posting gambar dengan jelas tanpa harus kita klik dulu gambarnya. 


3. Facebook punya fitur group untuk membentuk engagment audience

Ya, beberapa komunitas, brand, pasti memiliki group di Facebook. Setiap ada postingan baru di group, semua member akan menerima notifikasi. Sehingga apa yang ingin disampaikan akan langsung diterima oleh audience.


Jadi saat ini jika ingin membuat promosi atau campaign, genjot dulu member group di Facebook. Karena datanya sudah jelas, Facebook penggunanya jauh lebih banyak daripada Twitter. Trend sudah berubah.


Sent from Yahoo Mail on Android


Tidak ada komentar:

Posting Komentar