Sunday, September 25, 2016

DIY Dove Shower Cream



Saya pernah tulis review Dove Beauty Bar sebelumnya disini. Sesuai janji Saya dan demi kepraktisan mandi dengan sabun kesayangan ini, Saya coba bikin Dove sabun cair. Dove kan sudah ada sabun cairnya, ngapain bikin sendiri? Karena Saya juga keramas pakai Dove Beauty Bar dengan hasil rambut Saya baik-baik saja dan Saya gak tahu apakah formula sabun cair  Dove yang dipasaran bisa dipakai keramas atau tidak. 

Cara membuat Dove Shower Cream sederhana sekali. Kita hanya perlu menyiapkan air sebanyak 2 gelas (400 ml) untuk 1 batang Dove Beauty Bar.  Pertama-tama, kita cairkan dulu Dove Beauty Bar. Cara mencairkannya persis seperti mencairkan coklat batang, beri sedikit air sambil ditekan-tekan dengan spatula agar lumer. Jika air mulai agak mengering, tuang sedikit air lagi. Terus lakukan sampai sabun meleleh semua.


Ketika sabun sudah meleleh, akan masih ada bagian-bagian kecil sabun yang belum meleleh dengan sempurna. Kecilkan api. Lalu terus tambah air sedikit demi sedkit sampai air yang telah disediakan habis. Aduk sesekali untuk memeriksa apakah sabun sudah meleleh dengan sempurna. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit.


Lalu dinginkan adonan sabun yang sudah meleleh sebelum dituang kedalam wadah kira-kira setengah jam. Jika hasilnya terlalu kental, bisa ditambah sedikit air panas sampai tingkat kekentalannya pas.

Voila! Jadi deh shower cream! Saya coba shower cream ini untuk mandi seperti biasa, hasilnya sama sekali tidak beda dengan versi batangan. Saya sempat mencoba tidak memakai pelembab setelah mandi untuk memastikan DIY Shower Cream ini tidak mengurangi kualitas beauty bar. Dan kulit Saya tetap halus dan lembab seperti jika Saya mandi dengan versi batangan. Karena bentuknya yang cair, lebih mudah jika memakai shower puff. Kalau mau langsung digosok dengan tangan juga boleh, suka-suka hati kamu aja. Versi cair ini juga lebih mudah untuk diaplikasikan saat keramas dibandingkan jika mengusap versi batangan.  Tapi karena setiap sebelum keramas Saya selalu melakukan hot oil treatment, Saya harus 2x bilas jika keramas dengan versi cair. Kalau dengan versi batangan, 1x bilas sudah cukup.

DIY Dove Shower Cream ini bisa dipraktekkan kalau kamu mau lebih praktis mandi dengan Dove Beauty Bar. Tapi mungkin alasan yang paling jujur adalah, DIY Shower Cream ini jatuhnya lebih murah daripada Shower Cream yang dipasaran :D. Harga Dove Shower Cream 400 ml dipasaran sekitar Rp 20.000,-. Sedangkan kalau membuat sendiri, kamu hanya perlu beli Dove Beauty Bar seharga Rp 7.000,- untuk menghasilkan 400 ml shower cream.






No comments:

Post a Comment