Monday, June 3, 2019

6 Manfaat Menjalani Kehidupan Personal dan Profesional Dengan Seimbang

6ManfaatMenjalaniKehidupandanPersonaldanProfesionalDenganSeimbang

Apakah Kamu seringkali merasa lelah saat bangun pagi padahal tidur sudah cukup? Rasa lelah itu adalah sinyal tubuh bahwa Kamu sedang stress. Stress bukan saja karena sedang menghadapi masalah. Stress bisa datang saat Kamu merasa.... Bosan. Ya, bosan melakukan rutinitas yang sama, bosan mendengar ocehan klien, dan bosan karena kurang inspirasi dalam menjalani hidup. Rasa bosan itu bisa muncul disebabkan Kamu tidak punya kehidupan dan karir yang seimbang. Setiap hari rutinitas Kamu hanya rumah dan kantor.



Apa sih work-life balance itu? Work-life balance adalah suatu metode dimana kita bisa menjalani peran kita sehari-hari dengan baik dalam kehidupan profesional dan personal. Seringkali kita mengorbankan salah satunya. Karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, sampai lupa menikmati hasil kerja. Sebaliknya, karena terlalu asyik santai, sampai-sampai karir jalan ditempat.

Saya pernah menonton suatu acara dimana pembicaranya adalah Anna Wintour, Chief Editor Vogue. Dia berkata "The more you get experiences, you will bring back it to your daily job. Go out, see the things, concert, theater, anything".

6ManfaatMenjalaniKehidupanPersonaldanProfesionalDenganSeimbang


Masih banyak orang berpikiran kalau bersenang-senang selepas kerja adalah suatu kegiatan buang-buang waktu dan uang. Faktanya, ada banyak manfaat yang didapat.

1. Lebih Bahagia

Orang akan lebih bahagia jika memiliki purpose of life. Setiap harinya dia akan bersemangat bangun dari tempat tidur dan menjalani harinya. Dengan segala rencana menyenangkan sepanjang minggu, kata bosan tidak akan sempat terlintas. Memiliki kehidupan personal dan profesional yang seimbang akan mengurangi resiko stress. Selain itu, hubungan dengan orang terkasih juga akan terjalin dengan baik. Hal ini menjadi penting karena biasanya saat usia mendekati 30-an, prioritas hidup akan sedikit bergeser. Apalagi bagi pasangan menikah dan sudah ada anak.

2. Baik Untuk Kesehatan

Terlalu lelah bekerja akan membuat daya tubuh menurun dan berujung sakit. Jika kita jatuh sakit, pastinya akan sangat mengganggu timeline pekerjaan yang akan merugikan banyak orang. Kesehatan adalah hal yang krusial dan tidak bisa di kompromi. Dengan menjalani hidup yang seimbang, Kamu akan punya waktu untuk istirahat. Ingat, saat Kamu terlalu sering sakit, bisa saja perusahaan akan siap mengganti posisimu untuk orang baru.

3. Memperluas Pergaulan

Pergi nongkrong dengan teman atau menghadiri suatu acara adalah peluang Kamu bisa ketemu orang baru. Dalam dunia kerja, networking adalah hal penting. Siapa tahu selepas bersenang-senang, beberapa hari kemudian dapat tawaran asyik yang bagus untuk karirmu. Dengan meluangkan waktu dan mengeluarkan uang jajan, bisa dikatakan ini investasi.

4. Hubungan Dengan Terkasih Akan Semakin Baik

Sebuah hubungan yang sukses adalah adanya komunikasi yang baik. Bayangkan kita terlalu lelah bekerja dan tak punya energi lebih untuk berinteraksi dengan keluarga, pasti keluarga atau kekasih akan merasa diabaikan. Dalam hidup kita ada 2 hal yang membantu menopang hidup kita, yaitu karir dan pasangan. Rawat keduanya dengan tepat.

5. Jadi Lebih Kreatif

Kreatif adalah salah satu skill yang wajib dimiliki kalau mau karir meningkat. Kamu ga akan lebih kreatif jika hidupnya hanya seputaran rumah dan kantor. Dengan pergi hangout, Kamu akan mendapat banyak inspirasi karena berinteraksi dengan beragam manusia dan merasakan beragam pengalaman.

6. Punya Waktu Lebih Untuk Mengasah Skill Baru

Dunia kerja bergerak cepat dan dinamis. Orang-orang yang malas mengasah dan belajar skill baru, siap-siap akan dijegal orang yang memiliki kemampuan lebih. Kamu bisa ikut kursus bahasa baru, misalnya jika ada waktu luang selepas kerja.


"Nobody will care about you until you care about yourself"


Mulai sekarang selalu katakan "Ya" untuk setiap undangan hangout. Yang terpenting, atur waktumu sebaik mungkin agar bisa menjalani kehidupan profesional dan personal yang seimbang.







No comments:

Post a Comment