Wednesday, August 17, 2016

Berkah Kemerdekaan



Hari ini Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke 71. Sudah cukup tua. Bagi yang lahir sebelum tahun 2000, kita adalah saksi sejarah. Begitu banyak perubahan yang sudah terjadi selama 71 tahun ini. Kita beruntung karena sempat merasakan dipimpin 6 Presiden yang berbeda. Bahkan diantara kita sempat menjadi aktivis. Semua Presiden yang pernah memimpin pasti bekerja untuk Indonesia yang lebih baik. Hari ini, kita evaluasi sejenak. Apakah Indonesia sudah lebih baik? Ya! Sangat! Walau belum sempurna. Dan ini adalah berkat pribadi warga Indonesia yang semakin hari semakin baik. Kita tak gentar menghadapi persaingan. Negara kita ini besar dan kompleks. Dan kita harus membantu pemerintah (walau kadang pemerintah ga membantu) untuk meratakan kesejahteraan penduduk di seluruh Indonesia dengan menggunakan kemampuan yang kita miliki.

Beberapa hari ini Saya berpikir. Apa sih berkah Tuhan yang paling penting untuk kita? Apakah uang? Ketenaran? Keluarga? Kesehatan? Akhirnya Saya mampu merangkum semua ini menjadi satu kata, yaitu Kemerdekaan. Menjadi pribadi yang merdeka adalah rezeki yang tiada tandingannya. Kita bisa melakukan apapun yang kita mau dan mengambil keputusan berdasarkan kata hati. Kemerdekaan mahal harganya. Coba bayangkan orang yang sedang berada dibalik jeruji. Mereka tidak bisa kemana-mana. Makan seadanya. Tak bisa bebas berkegiatan seperti banyak orang.

Saya pernah mengalami kemerdekaan Saya direnggut. Rasanya sangat sangat menyedihkan. Setiap hari ketakutan. Tak boleh ini itu. Saya tidak tahu salah apa. Jadi penjajah itu bukan hanya orang yang mengokang senjata seperti yang kita lihat di film-film perang. Penjajah adalah orang yang dengan sengaja merampas kemerdekaan seseorang karena ingin menguasai hak milik. Jadi setiap Saya merasa sedih, Saya ingat-ingat kembali fase hidup Saya disaat itu. Sungguh keadaan kali ini jauh lebih baik karena Saya sudah merdeka. Saya bebas melakukan apapun yang Saya mau. Bebas memilih pekerjaan. Bebas untuk memilih seorang kekasih bahkan bebas memilih jalan hidup Saya sendiri tanpa diatur siapapun.

Kemerdekaan adalah kebahagiaan. Dan itu pantas untuk diperjuangkan. Jadi perjuangan kemerdekaan tidak hanya dilakukan pada masa penjajahan dan oleh para pahlawan. Tapi harus terus dilakukan dan jadilah pahlawan paling tidak untuk diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, kita harus membuat diri kita kuat dulu. Salam merdeka!

No comments:

Post a Comment