Saturday, January 26, 2019

Berapa Sih Biaya Hidup Layak Di Jakarta?

biayahidupdijakarta

Jakarta, salah satu kota besar metropolitan di dunia. Semua terlihat serba gemerlap. Kehidupan hampir 24 jam tanpa tidur. City that never sleep. Gerak cepat adalah wajib hukumnya jika tak mau ketinggalan. Sebagai pusat pemerintahan, wajar jika kehidupan di Jakarta jauh lebih maju dibandingkan kota lainnya di Indonesia.




Jakarta menjadi tujuan utama bagi para imigran untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tak jarang, mereka gagal karena beratnya persaingan. Jakarta adalah kota yang dihuni oleh multi etnis. Dipenuhi oleh para pendatang, sedangkan penduduk aslinya banyak yang sudah memegang KTP kota lain.

"Jakarta ga ada yang murah! Kencing saja bayar." Betul. Hidup di Jakarta tanpa penghasilan tetap adalah cukup berat. Namun hal ini bisa kita akali jika kita tahu berapa kebutuhan kita dalam 1 bulan guna mengatur berapa harusnya uang yang kita dapatkan. Saya sudah 10 tahun tinggal sendiri di Jakarta dan hidup Saya bisa dibilang stabil. Tentunya biaya hidup Saya sudah berubah sejak 10 tahun yang lalu. Bukan karena Saya lebih mapan saat ini, tapi merupakan suatu kewajaran karena tiap tahun ada kenaikan harga kebutuhan.

Saya mau coba breakdwon berapa sih biaya hidup di Jakarta untuk ukuran layak. Mungkin ini bisa dijadikan patokan buat Kamu yang baru kerja atau berniat pindah ke Jakarta.

1. Sewa Tempat Tinggal

Namanya saja kota metropolitan. Mau harga ratusan ribu sampai puluhan juta perbulan, ada di Jakarta. Harga sewa tempat tinggal yang layak di Jakarta adalah sekitar Rp 2.000.000,-. Dengan harga ini Kamu sudah mendapat kamar kost yang cukup nyaman dengan AC dan kamar mandi private. Jakarta jika sedang musim panas, akan sangat bikin badan lengket. Percayalah, Kamu butuh AC untuk memulihkan badan dan pikiran sepulang kerja.

2. Makan

Jika Kamu adalah tipe orang hemat dan ga masalah untuk makan masakan warteg, maka dalam sehari Kamu butuh Rp 30.000,- untuk makan sehari. Jika dikalikan untuk 1 bulan, kira-kira butuh Rp 1.000.000,-. Harga ini cukup layak untuk dapat makanan dengan nilai gizi baik.

3. Transport

Beruntung sekali sekarang sudah banyak pilihan transportasi umum. Trans Jakarta juka sudah banyak armadanya. Sebentar lagi MRT juga akan meluncur di jalanan Jakarta. Kebutuhan transport tentu berbda tiap orang, tergantung seberapa jauh jarak rumah dan tempat kerja atau kuliah. Jika menggunakan ojek online, rata-rata dalam1 hari kalian butuh Rp 20.000,-. Maka untuk satu bulan kurang lebih Rp 600.000,-. Walau kalian hanya kerja 5 hari, tetap saja hitung 30 hari. Karena kalian pasti akan keluar rumah juga saat akhir pekan

4. Biaya Bergaul

Punya kehidupan social adalah suatu yang penting. Karena dengan begitu kita akan membuka network baru yang akan sangat berguna untuk perkembangan karir dimasa depan. Biaya ini bukan suatu kebutuhan premier, tapi bisa dikatakan investasi untuk perkembangan diri kita. Kira-kira kalian bisa sisihkan Rp 400.000,- untuk biaya hangout ini.

5. Biaya Keperluan Pribadi

Tentunya biaya ini juga akan berbeda-beda untuk setiap orang. Tergantung berapa penghasilan kalian. Tapi karena Saya ambil sample untuk ukuran standard, maka kira-kira kalian butuh Rp 500.000,-. Jika dirinci kira-kira: Rp 200.000,- untuk perlengkapan kebersihan rumah dan skincare dasar, Rp 300.000,- bisa dipakai untuk beli baju baru atau perawatan diri lainnya.

6. Tabungan

Berapapun gaji kalian, adalah penting untuk punya tabungan. Karena melihat daya belanja orang Jakarta saat ini cukup tinggi, sepertinya wajar jika dalam sebulan kalian menabung sebesar Rp 1.000.000,-


Maka dalam 1 bulan, kalian bisa hidup layak di Jakarta sejumlah:

TOTAL RP 5.500.000,-


Nah, dari angka tersebut, kalian sudah tahu kira-kira berapa gaji yang bisa di nego ke boss atau HRD kalian.

Jika pendapatan kalian masih dirasa kurang, sudah saatnya kalian bergerak lebih gesit lagi untuk mendapat sumber pendapatan baru. Mungkin kalian bisa jualan atau buka jasa sebagai pekerja lepas. Di zaman serbah canggih ini, banyak peluang yang bisa ditangkap demi mendapatkan kehidupan yang kita impikan.



No comments:

Post a Comment