Sunday, January 13, 2019

Jadi Artis Ga Cukup Modal Cantik

artistakhanyacantik


"Mbak, anak Saya cantik. Kalau ada casting mau dong dikabari biar bisa jadi artis". Cukup banyak orang yang minta kesempatan casting. Berharap bisa jadi bintang besar, terkenal dan iming-iming menjadi kaya raya. Wajar saja manusia ingin hidupnya kebih baik dan punya mimpi. Sayapun pernah mencoba jadi artis dengan ikut casting-casting. Sampai suatu hari Saya sadar, bakat Saya ga cukup baik untuk jadi artis. Dan Saya cukup tahu diri karena wajah Saya tidak secantik Mikha Tambayong.




Sejak usia 10 tahun, Saya senang memperhatikan calon bintang lewat majalah Gadis. Banyak jebolan Gadis Sampul yang menjadi artis besar. Cantik, terkenal, punya uang sendiri, bisa ketemu artis dari luar negeri, adalah impian setiap gadis muda. Bahkan saat pengumuman semi finalis, Saya suka ikutan bikin tebakan, si ini kayaknya bakal lolos ke finalis. Sampai hari ini, Saya juga masih melakukan hal serupa, biasanya dari Instagram.

Saat ini era instagram membuat semua orang ingin menjadi bintang dengan caranya sendiri. Tak sedikit yang memberikan sindiran "Model dari agency Instagram". Berlomba-lomba memberikan pose terbaik. Jumlah like dan followers tak jarang dijadikan acuan bagi para produser atau casting director untuk menawarkan peran.

Dikantor Saya pernah ada seseorang yang datang untuk casting. Kami kasih script untuk screen test dan Kami beri waktu untuk menghapal dan mempelajarinya. Sampai diwaktu Kami kira cukup, Kami minta dia untuk ber-acting didepan kamera. Orang ini sangat nervous sampai bicara saja bergetar. Lalu tiba-tiba dia nangis, karena belum hapal scriptnya. Padahal dia sudah berdandan, bisa dikatakan cukup heboh. Akhirnya dia tidak perform dan Kami menyuruhnya pulang karena kasihan kepada peserta casting lain yang sudah menunggu.

Industri showbiz di Indonesia sangat dinamis dan persaingannya cukup berat. Akan selalu bermunculan wajah-wajah baru. Semua orang berlomba untuk sering muncul di TV dengan berbagai cara agar terus dapat job. Bahkan walau hanya bermain 1 atau 2 judul TV, langsung berlagak layaknya diva. Tak heran jika muncul istilah "Sekuter" alias Selebriti Kurang Terkenal. Bagi yang tak kuat, namanya akan hilang dari peredaran.

Bagaimana caranya agar bisa terus eksis? Menjadi seorang artis, tak cukup punya tampang rupawan. Yang paling mendasar harus dimiliki adalah skill. Jika dia seorang aktor, maka acting-nya harus sangat bagus. Jika dia seorang pembawa acara, maka dia harus pandai membawakan acara agar tetap menyenangkan. Jika dia seorang model, maka cara jalan dia di catwalk harus sempurna. Semua itu harus terus diasah. Skill ini akan menjadi promosi mulut ke mulut. Dan Kami biasanya lebih memilih seseorang berdasarkan rekomendasi orang terdekat.

Selain skill, hal penting yang harus dimiliki para artis adalah etika kerja. Suatu produksi adalah kerja kolektif yang makan biaya dan waktu. Jika orang tersebut tidak nyaman untuk diajak bekerjasama, tak ragu Kami akan menolak berkerjasama dikemudian hari. Jika orang tersebut menyenangkan untuk diajak kerjasama, Kamipun ingin memberikan yang terbaik untuk kenyamanannya.

Konsisten juga sangat penting. Banyak calon bintang berguguran ditengah jalan atau menghilang setelah muncul beberapa saat, karena mereka tak cukup sabar atau mudah bosan. Ketika menjadi terkenal hanyalah tujuanmu, Kamu akan cepat menyerah. Padahal artis-artis besar, mereka sudah melewati perjalanan yang tak kalah menantang. Yang membuat mereka tetap bersinar karena passion mereka yang begitu besar sehingga tak mudah memutuskan untuk berhenti. Saya tahu beberapa artis yang sempat sepi job. Tapi mereka terus berusaha sampai akhirnya mereka kembali kepanggung dan menjadi lebih besar.

Kami para pelaku showbiz, tak cukup puas jika hanya disuguhi wajah cantik. Tunjukkan pula keunikkan kalian. Saat ini ada banyak sekolah acting dan model. Sebelum menawarkan diri menjadi artis, bekali dulu diri dengan skill. Sehingga kalian akan bisa lebih percaya diri. Dan biasanya lewat sekolah itu job-job pertama bermunculan. Artis juga sama seperti profesi lainnya, dimana diperlukan ilmu sebelum bekerja didalamnya. Jadilah seorang artis berkelas, bukan sekedar cari sensasi. Dengan begitu value kamu akan tinggi dengan sendirinya.




No comments:

Post a Comment