Saturday, December 29, 2018

Goal 2019: Tingkatkan Self Esteem

tingkatkanselfesteem


Tahun 2019 akan datang beberapa hari lagi. Biasanya menjelang tahun baru banyak yang menyusun resolusi. Bagaimana dengan resolusi Kamu di tahun 2018? Berapa banyak yang terealisasi? Coba kita breakdown pencapaian kita tahun 2018. Kalau belum banyak yang terealisasi, tak usah galau. Karena ada banyak hal yang memang diluar kendali kita. Tapi tak berarti kali ini malas bikin resolusi. Hmmm... Agaknya kalau Saya bilang resolusi, terlalu mainstream ya. Mungkin lebih tepat rencana tahun depan Saya sebut "Goal". Bedanya apa dengan resolusi? Goal terdengar lebih spesifik yang akan membuat kita lebih fokus untuk mencapainya.



Saya mau berbagi kepada teman-teman, hal mendasar yang harus kita bentuk agar tahun 2019 menjadi lebih berwarna, yaitu Self Esteem. Apa sih Self Esteem itu? Self Esteem adalah suatu mindset bagaimana kita melihat diri sendiri. Self esteem agak berbeda dengan self confidence. Bedanya apa? Self confidence akan terbentuk jika kita mempunyai self esteem. Alasan Saya membahas Self esteem karena masih banyak teman-teman yang self esteem-nya rendah. Apa penyebab self esteem yang rendah? Hal ini bisa datang dari pola didik yang salah, lingkungan yang kurang positif dan pola pikir yang negatif. Dampak low self esteem ini sangat besar, dan jika dialami oleh perempuan, mereka akan cenderung terkurung dalam hubungan yang tidak sehat.

Seseorang yang memiliki low self esteem tak harus identik dengan tampilan fisik tak menarik. Bahkan banyak pula orang yang berpenampilan menarik memilki rasa penghargaan diri yang rendah. Sehingga mereka cenderung berada di posisi tertindas.

Apa ciri seseorang yang low self esteem?
1. Tak berani menolak walau kadang dirugikan
2. Tidak mampu membuat keputusan walau keputusan kecil. Misal, makanan apa yang mau dimakan. (sounds familiar, right?)
3. Berpikiran negatif kepada diri sendiri
4. Membandingkan diri dengan orang lain yang berakhir mengasihani diri sendiri.
5. Insecure

Apakah Kamu saat ini memiliki ciri-ciri diatas? Jika iya, Ayo, di tahun 2019, Kamu harus meningkatkan Self Esteem! Ketika Kamu memiliki self esteem yang sehat, Kamu akan lebih menghargai hidupmu, lebih merasa aman dan berarti. Tentunya hal ini berdampak pada hubungan sosial yang lebih sehat bahkan karir akan ikut meroket karena kita percaya akan kemampuan diri kita.

Bagaimana cara untuk meningkatkan Self Esteem?

1. Know your worth

Sebagian besar dari kita dididik dengan ajaran nrimo. Secara tidak sadar, nrimo ini sudah tertanam jauh di dalam mindset kita. Menjadikan kita orang yang tak mau memperjuangkan apa yang harusnya menjadi hak kita. Kamu berhak untuk bahagia dan mendapatkan yang terbaik. Hidup ini hanya sekali, sayang sekali jika dihabiskan dalam keadaan yang tidak mengenakkan. Jangan takut mengeluarkan opini jika tidak sesuai dengan nurani dan pikiranmu.




2. Love Yourself 

Jika Kamu tidak bisa mencintai dirimu sendiri, jangan harap orang lain akan mencintaimu. You are the center of energy. Your energy will attract similar energy. Mencintai diri sendiri akan menghadirkan kebahagiaan yang sesungguhnya. Kebahagiaan kita tidak akan tergantung pada orang lain. Dan orang yang berbahagia tentu akan memancarkan aura positive yang akan menarik hal-hal dan orang-orang yang positif dalam hidup kita.

3. Kenali Kekurangan dan Kelebihan

Tulis semua kekurangan dan kelebihanmu. Tuliskan sejujur-jujurnya. Apa yang harus Kamu perbaiki dari kekuranganmu? Berkomitmen lah untuk memperbaikinya. Hidupmu bukan tanggung jawab orang lain. Yang bisa memperbaiki hidupmu adalah dirimu sendiri

Terus asah kelebihanmu dan ini adalah point penting agar Kamu bisa lebih percaya diri.

4. Acceptance The Past

Hidup semua orang tak ada yang sempurna. Kunci kebahagiaan diri adalah menerima masa lalu dan biarkan itu menjadi bagian hidup kita. Tak perlu denial seakan hal itu tak pernah terjadi. Dengan begitu hati kita pasti akan lebih ikhlas. Berdamai dengan diri sendiri akan menjauhkan kita dari rasa kecewa dan depresi.



Orang yang memilki self esteem yang sehat, tidak akan mudah goyah pendiriannya. Dia tidak akan membiarkan siapapun memperlakukan dirinya secara tidak wajar. Dengan seperti ini orang-orang sekitarnya akan bersikap menghormatinya. Goal ini hanya 1, tapi akan memberikan dampak besar untuk hidup kita. Selamat tahun baru 2019!

slay2019




No comments:

Post a Comment