Monday, February 20, 2023

Pelajaran Dari Film Seri WeCrashed Tentang Toxic Leader

 

WeCrashed


Premis yang sangat menarik membuat saya tertarik nonton series ini di Apple TV. Wecrashed adalah cerita tentang perjalanan Adam Neumann dan istrinya Rebecca saat mereka mendirikan startup dari Co-Working Space bernama WeWork. 

Sebagai eksekutif tentunya sudah tak asing dengan WeWork, kita biasa melihat di gedung-gedung tinggi dan megah. Jika kamu pikir ini adalah pelajaran tentang bagaimana startup bisa mendapatkan pendanaan dan sukses besar, series ini tidak menceritakan tentang itu saja. Tapi kamu akan melihat bagaimana kehidupan di dalam startup.

Karakter Adam dan Rebecca ini sebenarnya cukup membuat saya ter-triggered. Karena saya pernah bekerja dengan orang yang karakternya kurang lebih mirip. tapi versi lite-nya. Saya menyebut demikian karena Adam dan Rebecca bepergian dengan helikopter atau private jet, orang yang saya maksud hampir setiap saat maunya dikawal voorider. Padahal mereka bukan anak pejabat, bukan anak konglomerat apalagi memiliki perusahaan sebesar WeWork. Dimata saya mereka ini bukan power couple, melainkan A Clown Couple. Kombinasi yang akan membuat banyak orang sakit kepala.

Adam merupakan sosok yang punya mimpi besar namun tanpa modal fresh money. Komoditi utama dia adalah jago bersilat lidah layaknya the best sales. Ya, Adam adalah sales yang baik, tapi sayangnya dia bukan pemimpin yang baik. Karakter Adam yang eksentrik tak hanya meresahkan partner dan karyawaannya tapi juga para investornya. Apa yang dikatakan Adam lebih ke delusional, bukan strategy. Spend to Grow adalah motto-nya. Dimana dia merugikan investornya sampai puluhan juta dollar per-hari. Sebagai manipulator profesional dia memang bisa dibilang beruntung bisa mendapatkan apa yang dia mau. Sampai pada akhirnya, winter is coming.

Rebecca adalah sosok yang tidak paham bisnis, mengaku pernah kerja di Wallstreet padahal hanya 3 minggu bekerja. Dia mem-branding dirinya sebagai sosok yang penuh spiritual. Tapi menurut saya itu adalah copying mechanism dia karena dia bukan lah orang yang brilliant dalam semua hal. Termasuk saat menjadi aktor sebelum dia memutuskan untuk full time men-support Adam. Rebecca diketahui beberapa kali memecat karyawan WeWork dengan alasan yang sangat tidak profesional. Rebecca juga tipe orang yang tidak mau terhalang spotlight oleh siapapun. Padahal dia sendiri tidak punya kelebihan selain menjadi istri Adam.

Wecrashed adalah series yang memiliki script yang sangat bagus. Ditambah acting Jared Letto yang membuat karakter Adam Neumann menjadi lebih hidup. Dari series ini kita bisa melihat betapa tidak sehatnya culture startup. Party-party tidak penting, menciptakan suasana seakan-akan kita tidak boleh punya kehidupan lain di luar kantor karena mereka telah menyiapkan segalanya. Dan yang paling saya muak adalah jargon "Kantor adalah keluarga". Ini hanya akal-akalan para kapitalis untuk tetap membayar tenaga murah dengan jam kerja yang tidak manusiawi.

Mungkin kita akan terasa sangat familiar dengan karakter-karakter yang ada di Wecrahsed. Kita dipaksa mempercayai gaya baru dalam bekerja dan berbisnis tanpa memiliki fundamental yang sehat. Pada akhirnya kita akan sadar ini adalah trend semata. Terlebih sosok Adam juga keliatannya makin banyak. Mereka menjalankan bisnis tanpa paham sepenuhnya tentang bisnis. Bahwa sukses bukan semata dari berhasil membangun ide ataupun skill yang hebat. Sukses adalah tentang karakter. Jika seorang pemimpin tidak memiliki karakter yang baik sebagai komoditi utamanya, maka kelangsungan hidup usahanya pun hanya akan sukses di permukaan dan tak akan bertahan lama. 

Sudah saatnya kita mengajarkan kepada calon founder lainnya bukan hanya soal membuat presentasi yang bagus tapi juga harus diimbangi dengan pembangunan karakter.

No comments:

Post a Comment