Tuesday, November 20, 2018

Kenapa Self Care Itu Penting?

selfcarePhotobyDariaShevtsovafromPexels


Wanita karir apalagi yang tinggal dan bekerja di kota besar, rentan sekali diserang stress. Stress datang dari berbagai masalah, bahkan dari hal kecil. Setiap berangkat dan pulang kantor desak-desakkan di kereta, klien kasih deadline mepet, e-mail dan chat datang bertubi-tubi saat banyak hal yang harus diurus, mungkin bagi yang sudah berkeluarga tiba-tiba anak sakit. Stress adalah hal yang tak bisa kita hindari selama kita hidup. Kabar buruknya, Jakarta adalah salah satu kota dengan tingkat stress yang tinggi. Kita yang budaya kerjanya bisa dibilang agak slow saja bisa terserang stress, tak heran banyak kasus karyawan di Jepang bunuh diri karena kelelahan bekerja.


"City Girl Burn-Out"


PhotobyKatJaynefromPexels
Burn Out


Apakah ada cara untuk mengurangi stress? Ada, namanya Self Care alias merawat diri. Merawat diri tak melulu identik dengan bersolek belama-lama depan cermin. Self Care adalah sebuah cara untuk membuat diri kita tetap sadar secara emosional, fisik dan pikiran sehingga mampu mengarahkan diri kita kemana akan melangkah yang baik untuk diri kita. Tujuan dari self care adalah kebahagiaan. We do a self care is to get the career you desire, the life you deserve.

Kenapa self care sangat penting? Because we need to keep stable to give all that damn contribution. Saat diri kita tak stabil, performa kerja menurun, perusahaan akan mengganti posisi Kamu untuk orang lain. Saat diri kita tak stabil, anak dan keluarga ga akan bisa keurus. Keadaan ini justru akan memperburuk tekanan emosional diri kita. Karena kita memaksa berpacu terus tanpa memberikan rehat.

Ada 5 contoh self care yang bisa diterapkan dalam keseharian:

1. Take Care of yourself

Mulai sekarang, sisihkan waktu untuk olahraga, rutin pakai skin care, jaga penampilan dan makan yang baik. Hal-hal kecil seperti ini akan memberi dampak besar. Fisik kita adalah aset yang tak tergantikan. Suka tidak suka, orang menilai diri kita dari looks. Tertulis di buku Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, "Wanita tak bisa merawat diri, bagaimana dipercaya merawat hal lain dalam hidupnya".

2. Turn.Off.Your.Gadget

Berikan waktu untuk menjauhkan diri dari gadget dan fokus menikmati waktu. Saya sendiri punya jadwal 1 bulan 2 kali untuk mematikan semua gadget. Hal ini berguna untuk refresh otak dari penerimaan informasi yang terlalu cepat setiap harinya. Coba rasakan nonton film dirumah sambil menikmati teh tanpa distraksi dari gadget. 

3. Give Yourself A Reward

Kita kerja keras untuk apa sih? Masa kita tak menikmatinya. Memang kadang budget dari kendala. Tapi sadar ga kalau itu bikin emosi kita menurun dan dampaknya ga bagus untuk diri kita, Kita akan merasa tak pantas mendapatkannya. Jangan pelit untuk memberi hadiah diri sendiri. You deserve it! Mungkin ada baju idaman atau tempat liburan impian. Atur uang dengan benar atau achieve sesuatu agar bisa mendapat uang tambahan. Make yourself happy. Jiwa yang bahagia akan menarik keberuntungan dalam hidup.

4. It is OK to Say "NO"

We are not a madame fairy that makes everyone happy. Ingat, we deserve to get what we want. Jika tak setuju dengan sesuatu, katakan. Jika ingin istirahat, silahkan tolak ajakan keluar rumah. Know yourself better and know what is you need. Listen to your heart and body. Hidup terlalu singkat untuk melakukan hal yang tak disukai.

5. Get Life Experience

Manusia yang merugi adalah manusia yang hidupnya gitu-gitu aja. Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan tanpa cerita seru. Cerita seru itu didapat dari pengalaman. Pergi ke tempat baru, nikmati suasana baru. Ambil kursus untuk nambah skill. Banyak-banyak kenalan dan ngobrol sama orang. Anna Wintour Chief Editor Vogue yang bertangan dingin itu saja bilang "Pulang dari tempat kerja, pergilah ke theater, konser, pub apapun itu yang kamu suka. Semakin banyak pengalamanmu, akan semakin baik Kamu berkontribusi ke pekerjaan". Jadi jangan habiskan hidupmu hanya rumah dan kantor saja. Berikan warna pada hidup. Orang yang hidupnya bergairah, ga akan pernah membosankan untuk siapapun.


Kita hanya punya 1 hidup. Pastikan hidup kita dipenuhi oleh pencapaian. Pencapaian itu akan bisa diraih jika kita mampu berdiri sendiri sebelum membantu orang lain berdiri. 


No comments:

Post a Comment